Sering terkecoh dengan tempat yang jual pasir Lumajang berkualitas rendah? Hal itu mungkin karena Anda belum bisa membedakan mana pasir yang kualitasnya baik dan mana yang kualitasnya buruk. Untuk itu, supaya Anda tidak salah pilih maka pastikan Anda tahu bagaimana ciri pasir yang baik digunakan. Hal ini tidak lain bertujuan agar penggunaan pasir tidak berdampak buruk pada bangunan yang didirikan.

Tips Membeli Pasir Yang Bagus di Tempat Jual Pasir Lumajang

Untuk mendapatkan pasir yang kualitasnya bagus, ada baiknya Anda periksa lebih dulu kondisi pasir sebelum membeli. Terutama jika Anda masih belum yakin dengan tempat jual pasir Lumajang, apakah benar-benar baik atau tidak. Nah, bagi Anda yang ingin membeli pasir ini, ada baiknya perhatikan tipsnya berikut ini:

  • Cermati Warna Pasir

Pasir yang diambil dari wilayah Lumajang memiliki warna hitam yang pekat dan bertekstur kasar. Dimana hal ini disebabkan karena kandungan besi didalamnya yang lebih tinggi daripada pasir dari daerah lainnya.

  • Pertimbangkan Berat Pasir

Cobalah ambil segenggam pasir lalu angkat dan rasakan beratnya. Karena pasir dari Lumajang berasal dari muntahan vulkanik gunung maka bobotnya harusnya terasa lebih berat dan padat dibanding pasir biasa.

  • Cek Apakah Pasir Menggumpal

Pasir yang kualitasnya bagus tidak akan menggumpal saat dikepalkan. Berbeda dengan pasir kualitas jelek yang akan dengan mudah menggumpal.

  • Lihat Kebersihannya

Pasir yang bagus kondisinya bersih dari kotoran (bahan organik seperti ranting dan daun kering) serta tidak tercampur bahan lain (kerikil, batuan atau lumpur). Dimana pasir yang seperti ini biasanya telah dibersihkan dan dijual lebih mahal.

  • Dengarkan Suaranya

Untuk mendengarkan suaranya, cobalah untuk mencangkul pasir. Jika suaranya terdengar keras dan kasar maka itu berarti kualitas pasirnya bagus.

Akibat Salah Pilih Menggunakan Pasir Kualitas Rendah

jual pasir lumajang

Dalam membeli pasir untuk bangunan tidak boleh sembarangan. Di mana kualitas pasir adalah hal yang sangat penting diperhatikan. Sebab jika menggunakan pasir berkualitas rendah, hal itu justru bisa beresiko menimbulkan kerusakan struktur bangunan serta mengakibatkan beberapa kondisi seperti berikut ini:

  • Semen Menjadi Lebih Boros

Pasir Lumajang dikenal dengan kualitasnya yang bagus dan daya rekatnya yang kuat. Itulah mengapa dalam penggunaannya, pasir ini tidak butuh banyak semen. Berbeda halnya jika menggunakan pasir berkualitas rendah, pemakaian semen akan menjadi lebih boros karena dibutuhkan campuran semen dalam jumlah yang banyak untuk dapat merekatkan adukan.

  • Dinding Mudah Terkelupas

Sebagai akibat dari kurang kuatnya daya rekat atau ikatan antara bata dengan plesteran, dinding yang dibuat menjadi mudah terkelupas alias keropos. Hal ini juga membuat pori plesteran yang dihasilkan lebih besar sehingga membuatnya menggelembung lalu jatuh terkelupas. Yang mana akhirnya, dinding mungkin harus ditambal agar bangunan tidak roboh.

  • Dinding Menjadi Lekas Lembab

Penggunaan pasir yang kualitasnya kurang bagus pada bangunan akan membuat strukturnya menjadi tidak sempurna dan kurang rapat. Akibatnya, dinding akan lekas lembab karena air tanah yang menjadi cepat naik.

  • Bangunan Tidak Kokoh

Menggunakan pasir kualitas rendah akan membuat konstruksi bangunan kurang kokoh sehingga mudah roboh. Hal ini karena dinding yang dibangun tidak kuat sebab material bahan campuran pembuatanya yang kurang padat.

  • Biaya Perbaikan Menjadi Lebih Besar

Karena mudahnya terjadi kerusakan, maka biaya perbaikan juga menjadi lebih besar. Untuk itu, pastikan Anda tidak salah pilih menggunakan pasir berkualitas rendah agar terhindari dari kerusakan-kerusakan diatas

Anda pastinya tidak mau hal-hal buruk di atas terjadi pada bangunan Anda bukan? Karena itulah jangan sampai Anda terkecoh membeli di tempat jual pasir Lumajang yang tidak terpercaya. Atau jika masih bingung memilih mana yang aman dan berkualitas, Anda mungkin bisa mengunjungi https://putroutomopasir.co.id/ untuk pilihan yang tepat.

Bisnis