Konsep rumah minimalis modern tidak hanya sebatas mengusung bentuk yang sederhana saja, melainkan banyak faktor yang mendukungnya. Anda akan sukses membangun rumah tersebut apabila faktor pendukungnya bisa Anda penuhi.

Faktor pendukung ini cukup banyak. Anda perlu mempertimbangkannya agar pembangunan rumah tidak melenceng dari nilai yang terkandung dalam konsep tersebut. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Tampilan Eksterior Tidak Rumit

Eksterior rumah dibuat semenarik mungkin. Bentukan rumah yang kecil ditutupi oleh keindahan dari eksteriornya yang benar-benar bagus.

Tampilan Eksterior Tidak Rumit

Material khusus dilekatkan seperti batuan, dikombinasikan dengan warna dinding yang berbeda membuat tampilannya lebih kekinian. Rumah seperti ini akan menghadirkan kesan spesial, mencirikan kemodernan rumah di atas lahan yang terbatas.

Bagi sebagian orang, terkadang tampilan eksterior dibiarkan berwarna putih terang. Tampak dinding berwarna cerah seakan mendominasi. Lantas, rumah dipadukan dengan kaca cukup lebar untuk membuat sinar matahari bisa memasuki ruangan.

Ruangan Terbuka Tapi Terjaga Kebersihannya

Ciri lain dari rumah minimalis modern ialah dibuat dengan pemanfaatan ruang semaksimal mungkin. Ketika berada dalam rumah, Anda akan menemukan ruang terbuka yang sebagian area penting dalam rumah disatukan.

Ruangan Terbuka Tapi Terjaga Kebersihannya

Tidak ada sekat yang membatasi area. Kecuali untuk kamar tidur dan kamar mandi. Karena kedua kamar ini bersifat private sehingga wajib dijaga dari pandangan orang lain.

Normalnya, ruangan yang nampak disatukan adalah area dapur dan ruang makan. Kedua ruangan ini akan terlihat dari ruang tamu. Bahkan, jaraknya cukup dekat dan hanya dipisahkan oleh jarak beberapa meter saja.

Menariknya, keseluruhan ruang ini diciptakan secara terbuka dengan pencahayaan yang lebih terang. Tujuan utamanya tidak lain untuk menghadirkan kesan yang lebih luas.

Pengaturan dalam pencahayaan ini dilakukan dengan beberapa cara. Mulai dari mengatur cahaya masuk dari luar, sampai memanfaatkan lampu yang lebih terang. Di samping itu, pewarnaan dari dinding dibuat agar cahaya bisa terpantul sehingga tidak ada ruang yang tampak kehilangan sentuhan sinar.

Dari pencahayaan ini, tampak sekali rumah yang begitu bersih. Anda akan melihat rumah bebas dari debu ataupun kotoran. Hasilnya, penghuninya bisa merasakan suasana nyaman dan betah di dalamnya.

Untuk menghasilkan kesan tersebut, Anda memang perlu mempertimbangkan desain dan penataan rumah agar cahaya bisa masuk dengan sempurna. Anda perlu jasa desain rumah yang handal untuk membantu dalam mewujudkannya. Karena jasa desain inilah yang mengetahui bagaimana cara memodifikasi sekaligus mewujudkan sesuai konsep modern.

Mengutamakan Fungsi

Konsep rumah minimalis yang modern ini selalu mengutamakan pada fungsi. Perlengkapan atau ruangan yang tidak dibutuhkan pasti akan dibuang. Karena bila tidak, situasi rumah akan terlihat berantakan sehingga kurang nyaman ditinggali.

Mengutamakan Fungsi

Kuncinya terletak pada pemilihan perlengkapan serta penataannya. Tata ruang juga sangat berpengaruh. Anda bisa mewujudkan itu semua tanpa melakukan kesalahan yang berarti dengan memanfaatkan jasa desain interior rumah.

Jasa ini akan memberikan gambaran tentang tata ruang yang baik dari rumah minimalis. Selain itu, jasa desain ini akan memberikan informasi secara detail tentang apa yang perlu dan tidak perlu diletakkan dalam rumah. Contohnya memberikan pertimbangan tentang perlengkapan yang cocok diletakkan dalam rumah.

Tujuannya adalah perlengkapan tersebut tidak memberatkan pada konsep minimalis. Penghuninya juga bisa leluasa dalam bergerak ke berbagai area.

Intinya, ciri khasnya terletak pada penampilan yang menarik meskipun dalam bentuk sederhana. Kemudian, tata ruangnya rapi, bersih serta fungsional. Jika Anda mampu memenuhinya, Anda telah sukses membangun rumah minimalis modern.

Arsitektur